Kerja Praktek Ceria!

Namanya Kerja Praktek doang sih, sedikit ditambah pemanis “Ceria” karena Kerja Praktek ku ini benar-benar sangat ceria :))

Tepat sebulan yang lalu aku dan teman setim ku Mei, bertolak ke Indonesia bagian ujung barat yakni Cilegon – Banten untuk melaksanakan Kerja Praktek (KP) di Chandra Asri Petrchemical, pabrik yang memproduksi bahan baku plastik, polimer. Pabrik ini terbesar se-Asia Tenggara loh. KP kami hanya sebulan, mulai tanggal 3-31 Juli.

Nggak nyesel deh pernah ngerasain KP disini. Mulai dari fasilitasnya yang ajib bener sampai suasana kerja dan karyawan-karyawati nya yang kece-kece (y)
Padahal di awal-awal KP pengen banget cepet-cepet tanggal 31 Juli, homesicknya nggak nahan~
Sempet sakit 2 hari juga gara-gara adaptasi sama lingkungan di bumi Cilegon. Heuheu

Pabriknya sendiri sih di Anyer, tapi kami diberi fasilitas dormitory a.k.a mess di Puri Cilegon Indah (PCI) yang jaraknya sejam dari Anyer. Pulang pergi pabrik pun diantar jemput bis perusahaan. Asyik nggak? Makan siang juga gratis di kantin pabrik. Tapi berhubung KP kami bertepatan dengan bulan puasa, jadi lah cuma di awal-awal KP doang kami ngerasain makan siang gratis. Aslinya berharap dapet uang buka puasa sebagai gantinya *digampar Pak HRD*

Hari pertama KP kami bersama beberapa mahasiswa Untirta disuguhi videonya Chandra Asri oleh Pak Agus selaku HRD, kemudian dibekali safety orientation oleh Pak Tatang di lab OP.
Eniwey, pertama kali denger “Untirta”, tampangku bego-bego kebingungan gitu. Suer aku nggak tau itu universitas dimana, siapa yang ngediriin, dan mahasiswanya dari mana aja. Maafkan sayaaah, feni dan norin.. Maaf kalau kalian merasa terasingkan, heuheu..

Habisnya dikasi safety orientation sama Pak Tatang yang style metalnya bukan main, kami dipersilahkan mengunjungi plant masing-masing untuk bertemu dengan Pembimbing KP. Aku, Mei, dan dua siswa SMK 2 Cilegon ditempatkan di Lab Polypropylene (PP) dengan pembimbing Bu Endah. Terus balik lagi ke Polypropylene (PE) buat ngurus ID Badge.
Dan begitulah hari pertama ku di Chandra Asri, lompat dari satu plant ke plant lainnya.. melelahkan.. membuatku ingin cepat-cepat kembali ke Surabaya~

Hari pertama tinggal lah kenangan, karena sesungguhnya KP ku di bumi Banten ini nggak se-membosankan itu (y)
Oleh Bu Endah kami dirolling untuk 2 minggu pertama di Lab Polimer, 1 minggu di Lab Air, seminggunya lagi di Lab Gas. Puool kocaknya ibu-ibu, mas, aa’ dan bapak-bapak di ketiga lab ini. Mereka dengan murah hatinya ngajarin kami ini itu, dari cara make alat buat nentuin melting flow suatu polimer, nentuin etilennya, nentuin xylennya, terus ngurusin utility di lab air, jalan-jalan ke plant, and bla bla. Nggak hanya ngajarin, kadang juga sering becandaan terus juga pernah diajak curhat. So lovely! Kayak nggak ada gape gitu antara karyawan sama mahasiswa KP :’)

Aku nggak bakal ngejelasin apa itu polimer, etilen, xylene disini karena ini bukan laporan KP ya. *masih pengen menikmati liburan dengan tenang*

Puncaknya aku so touching banget pas buber puasa se-perusahaan Chandra Asri di Resto Sari Kuring Cilegon. Beuh! Itu aslinya nggak ada mahasiswa KP yang ikutan, tapi aku dan Mei seenaknya aja nimbrung. Sungkan puooool~

Pak Sarif (R&D di Lab PP), aa’ Fahmi (tekhnisi lab PP), sama mas Deri (tekhnisi lab PP) nan baik hati sampe rela dong nungguin kita turun dari bis padahal karyawan-karyawan lainnya udah pada masuk duluan booking kursi PW. Mereka kayak ngerti aja gitu kalau kami berada di pulau antah berantah yang nggak tau apa-apa. Dua mas baik lainnya, mas Deni dan Mas Ravio malah sempetnya berpikir buat minjemin kami jaket Chandra Asri. Alhasil kami sukses menyamar jadi karyawati Chandra Asri dengan jaket kebesaran. Deuh, kalian baik-baik banget sih, make me touch :’)

Selain Pak Sarif, aa’ Fahmi, dan mas Deri, ada juga mas Adit yang hobby banget naik gunung sama gowes downhill. Mau buka rahasia nih, tulisan-tulisan di blognya kocaknya minta ampun ;)
Mas yang satu ini nggak kalah baik juga loh, berkali-kali minjemin aku buku. Tau banget sih aku nggak ada hiburan di dorm, hahaha. Pernah juga ngajak ke Ciwa Café Coffee di Cilegon Square yang tempatnya homeeeeeyy banget! Kita belum nyobain karaokean di lantai 2 loh mas.. Terus pernah juga beli martabak manis buat dimakan bareng-bareng di dorm. Ada juga Bu Dian, supervisor di lab air. Pernah ngajakin buber puasa di rumahnya, ketemu anaknya si Aqilla dengan rambutnya yang kriwil dan adiknya si Firas.. Nah, pas banget akunya emang lagi kepengen makan bebek, menu bukanya bebek samudra yang tersohor di Cilegon. Ada juga aa’ Badar yang aku sendiri ragu, ini karyawan apa pasien RSJ yang nyamar jadi karyawan Chandra Asri. Trus ada mas Oji, pak Hendro, pak Osa, pak Salim, pak..siapa lagi ya.. ah ya.. ada pak Dodik, pak Sosek, dan lainnya yang (maaf) nggak bisa aku sebutkan satu-satu..

Nggak cukup buber dua kali, kedapetan juga undangan buat buber lab PP di Laguna. Aura kekeluargaannya kentaaal banget. Beda sama yang buber perusahaan Chandra Asri, di buber lab PP ini aku dan Mei nggak perlu segan-segan lagi comot ini itu. Sebagai anak dormitory, bersyukur banget dah, itung-itung ngirit.. hahaha
Aku tampilin dikit ya suasana ricuh buber lab PP :))
IMG_20130726_184116
IMG_20130726_184118
IMG_20130726_192136
IMG_20130726_192147

Cerita lainnya ada di bangku belakang bus CAP-16 yang biasanya ngejemput aku dan teman setimku Mei. Dari bangku belakang ini juga kami berkenalan dengan dua karyawan, Fajar dan Pak Sonny. Fajar lulusan SMAKBO (SMK analis kimia Bogor) dan Pak Sonny yang asal Surabaya ini sama-sama karyawan baru di Chandra Asri. Sudah berkali-kali juga buber bareng mereka. Kalau sama pak Sonny sih sering karena kami se-dorm, kalau sama Fajar pernah buber di mall Ramayana Cilegon terus dilanjut nonton Pacific Rim, pernah juga kuajak dia makan di warung Soto Surabaya belakang dorm, dan terakhir di D’Cost mall Ramayana Cilegon terus dilanjut nonton The Conjuring. Parah! Baru kali ini dalam sebulan 3 kali nonton di bioskop, biasanya kan ngirit, 2 bulan sekali baru nonton, kalau nggak ya nonton bajakannya.

Fajar ini hebat loh, dia itu lulusan smakbo, umurnya lebih muda dari aku (anak kelahiran ’94 loh dia), tapi sudah bisa kerja, menghidupi keperluan hidupnya sendiri, sudah nggak menggantungkan diri ke ortunya lagi, terus sekarang dia lanjut kuliahTekkim di UMJ pake uang tabungannya sendiri. Waaw, hebat nggak? He can survive even still young.. So salute for him.
Dia sempet curhat juga, dibanding teman-temannya yang umurnya sepantaran dan masih terbilang sangat muda, dia ngerasa sedih sudah harus bekerja, sedangkan teman-temannya nerusin kuliah menikamti masa muda, dan masih bisa seneng-seneng. Di penghujung KP kami, sempat-sempatnya dia bilang sedih karena setelah itu nggak ada teman main sepantaran yang bisa diajak keluar lagi.. #pukpukfajar jangan sedih~

Nih fotonya si Fajar pas kami buber di D’Cost dengan jas alma ITS.. (maaf ya jar, padahal udah dipesenin yang pake jas alma jangan diupload :p)
20130730_184121
20130730_184212
20130730_175920

Duh, sudah 13 hari berlalu dan aku masih kangen bebek samudra, Ciwa Café Coffee, bangku belakang bus CAP-16, lab air, lab polimer, dan lab gas di lab PP. Terimakasih :””)
Kapan ya aku dikasi kesempatan balik lagi kesana?

19 thoughts on “Kerja Praktek Ceria!

    • hai, selamat pagi :)
      maaf ya baru bales comment, belakangan ini jarang buka blog.
      terimakasih.. kamu coba telpon dulu bagian HRDnya, waktu sy KP yg megang bagian HRD namanya pak Agus Setiawan (081585325399), mungkin kamu bisa hubungi beliau dulu untuk info kuota kerja praktik dan mekanisme yg harus dilakukan selanjutnya :)

    • hai.. kamu coba telpon dulu bagian HRDnya, waktu sy KP yg megang bagian HRD namanya pak Agus Setiawan (081585325399), mungkin kamu bisa hubungi beliau dulu untuk info kuota kerja praktik dan mekanisme yg harus dilakukan selanjutnya :)
      diusahakan untuk mengirimkan proposal KP jauh2 hari (misal H-5bulan) ya..

    • halo Nurwati, salam kenal juga :)
      aku dulu menghubungi bagian HRD Chandra Asri a/n Agus Setiawan, nomor hp beliau dan apa yang harus ditanyakan bisa kamu liat dari komen2 di atas ya.
      goodluck buat KPnya!

      • Oh ka jadi waktu kaka mau prakerin disana langsung nelpon ke bagian hrdnya ?
        Oh iya ka mau nanya . waktu ka frida prakerin kan 1 bulan nah itu teh jatah dari pt nya atau dari kampus ka fridanya ?
        Sekali lagi makasih ka :)

      • iyap langsung telpon bagian HRDnya.
        range normal kerja praktik di kampusku sebulan, pas nelpon ke bagian HRDnya tanya deh apa ada kuota untuk KP yang sebulan.
        ada juga kok yang KP 2 bulan, biasanya yang 2 bulan itu plus penelitian untuk skripsi.
        tergantung kamu juga sih mau berapa bulan, diatur aja sama jadwal libur sekolah/kuliah :)

    • SMK mana?
      nggak ribet kok, kemarin aku cuma ngirim proposal dan surat pengantar KP dari kampus (kalau kamu surat pengantar KP dari sekolah ya) kok, dan itu aku ngirimnya via email, soalnya aku domisili surabaya :)

  1. maaf yaa mau tanya, kalau mau mengirip emailnya kira” kemana yaa yg bisa langsung ke bagaian yg tertuju? makasihh :)

    • Hai Yenny :) baiknya kamu hubungi dulu bagian HRD untuk menanyakan kuota kerja praktek. Jika nantinya diminta untuk mengirimkan berkas-berkas kelengkapan melalui email, saat itu baru kamu tanyakan alamat email yang bisa dituju.

  2. halo mbak frida, saya darin dari jogja, mbak frida, bolehkah saya minta cp email hrd chandra asri? kebetulan saya ingin mengajukan kp disana. kira2 kalo mengajukan kp bulan januari – februari 2015, apakah proses nya lama kah?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s