House of Sampoerna – Museum Raja Tembakau Indonesia


Pada bulan Januari yang lalu sebelum kepulanganku ke Bali, aku dan temanku-Laily menyempatkan diri berjalan-jalan ke House of Sampoerna atau yang biasa disingkat HOS. Yaaaah, itung-itung menghilangkan kepenatan setelah menghadapi cekamnya UAS.
House of Sampoerna yang terletak di daerah Surabaya lama ini adalah pabrik Sampoerna pertama yang sekarang sudah dijadikan Museum rokok.
Sejarahnya, bangunan ini didirikan pada tahun 1862 untuk panti asusan putra yang dikelola oleh pemerintah Belanda yang kemudian dibeli pada tahun 1932 oleh Liem Seeng Tee, pendiri Sampoerna.
PT HM Sampoerna atau Sampoerna adalah perusahaan rokok terbesar di Indonesia.

art gallery

Di dalam HOS kami mengunjungi 3 tempat yakni museum, art gallery, dan the shop. Di sisi bangunan museum juga terdapat cafe HOS. Berhubung kami belum merasa lapar maka kami memutuskan untuk tidak masuk ke dalam cafe.
Di dalam museum terdapat berbagai koleksi korek api, bungkus rokok, alat cetak bungkus rokok, peralatan kimia untuk meracik tembakau, replika warung rokok, motor jadul, marching band Sampoerna, hingga dokar.

bungkus rokok lawas


A Mild - Think Ahead


alat cetak bungkus rokok jaman dahulu


Marching Band Sampoerna

Lantai dua adalah daerah terlarang untuk menggunakan kamera di dalam HOS. Kenapa terlarang? Karena di lantai dua ini kita bisa melihat secara langsung produksi rokok Sampoerna. Penggunaan kamera dilarang agar pengunjung tidak bisa merekam proses pembuatan rokok Sampoerna yang sudah terkenal hingga mancanegara ini. Mungkin seperti menyembunyikan resep rahasia. Tapi aku berhasil mendapatkan foto produksinya setelah men-search di google.

penampakan produksi masal rokok sampoerna

Di lantai dua ini kita juga bisa menemukan “The Shop of HOS” yang menjual aneka oleh-oleh khas Sampoerna, dari t-shirt, batik, postcard, perangko, gantungan kunci, pin, tas, buku sejarah Sampoerna, hingga replika sepeda tua.
Museum House of Sampoerna buka setiap hari dari pukul 09.00 hingga 22.00 WIB. Untuk masuk kesini tidak dipungut biaya apapun baik itu karcis masuk museum maupun ongkos parkir.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s