These are things that makes me stronger :’)

Entah kenapa malam ini aku ngerasa galau banget. Sampai jam segini pun belum bisa tidur. Akhirnya memutuskan untuk curhat disini saja. Emm, jangan pake kata galau deh ya, maybe ‘melow’. (2012 is no more GALAU. Hahaha)

Berawal dari nilai mata kuliah yang diluar harapan. Tiket travel yang sudah kupesan untuk hari Minggu (22/01/11) pun aku cancel. Untung pesennya via telpon, jadi belum bayar. Kalau udah beli tiketnya kan rugi 155ribu. Ngeselin sumpah. Malamnya aku mewek parah, soalnya aku bener-bener udah homesick banget :’(

Untungnya aku bukan tipe orang yang memendam suatu ke’melow’an secara berlebihan, jadi nggak berefek ke kinerjaku sebagai admin ujian online NCC (dan penyisihan NCC kemarin sukses!).

Kenapa tiket travel ku cancel? Gini, aku yakin nilai mata kuliah yang aku dapat itu nggak falid. Kemungkinan ada nilai yang belum dimasukin sama dosennya atau kemungkinan lainnya seperti integra yang error? (yang ini nggak mungkin banget) Soalnya yang dapet nilai jelek sekelas cuma aku doang! Ngenes banget kan.

Teman-teman seangkatan pun banyak yang nanya, “nilai kimput mu kok bisa segitu lin?”, kujawab saja: “entahlah. Pak ‘H’ tega banget -___-” (sengaja hanya menggunakan inisial).

Terus ada salah satu teman juga, di kelas lain yang sama-sama apesnya sama aku, ngajakin buat protes ke dosen bersangkutan terkait nilai yang nggak-mungkin-hasilnya-segitu. Dengan semangat api membara, aku meng-iyakan ajakan itu. Soalnya aku bisa, makanya aku protes! Kalau emang aku nggak bisa aku pasti terima dengan lapang dada dan bakal ngambil ulang mata kuliah itu di semester ganjil selanjutnya untuk perbaikan.

Akhirnya aku hubungin Pak H buat tanya masalah nilai itu, dan kami janjian buat ketemuan di kantornya Selasa (24/01/11). Kelanjutan tentang nilaiku yang nggak-mungkin-hasilnya-segitu bakalan aku ceritain di postingan lainnya. Doakan hari ini nilaiku bisa dilobby ya. Amiin..

Hal kedua yang bikin aku melow, setelah kangen rumah: Ortu; kedua adikku; teman-teman di Bali, kangen juga sama Kambing. Today is the 6th day he left me to Bogor. Apa karena dia nggak ada, pola makanku jadi nggak teratur. Sehari cuma makan sekali. Hahaha. Tiap hari kalau nggak baca buku yaa online di jejaring sosial. Berharap dia nongol disana. Anw, dia baru punya twitter lhoo. Sekarang aku jadi bisa having some chit-chat with him selain di facebook dan gplus deh :D hahaha

“nggak baca buku yaa online di jejaring sosial.” Kebiasan anehku, kalau baca buku pasti sambil nonton tv. Sampai-sampai kakak kosan nyeletuk kayak gini: “Alin.. Alin.. hebat banget yah kamu. Baca tv sambil nonton novel!” Hahaha. Nggak mungkin lah ya aku ngelakuin keduanya secara bersamaan. Pas acara tv nya mulai yaa aku nonton tv, pas iklan muncul yaa aku baca novel :D

Disinilah tingkat ke’melow’anku memuncak. Acara tv malam itu adalah film bioskop TransTV “Rob B Hood”, sedang buku yang aku baca adalah novel berjudul “Negeri 5 Menara” karangan Ahmad Fuadi. Ku kutip yang di bukunya aja yaa. Kalau pengen tau filmnya, download aja disini :)

… ada dua hal yang paling penting dalam mempersiapkan diri untuk sukses, yaitu going the extra miles. Tidak menyerah dengan rata-rata. Kalau orang belajar 1 jam, dia akan belajar 5 jam, kalau orang berlari 2 kilo, dia akan berlari 3 kilo. Kalau orang menyerah di detik ke 10, dia akan menyerah sampai detik 20. Selalu berusaha meningkatkan diri lebih dari orang biasa. Karena itu mari kita budayakan going the extra miles, lebihkan usaha, waktu, upaya, tekad dan sebagainya dari orang lain. Maka kalian akan sukses.

Resep lainnya adalah tidak pernah mengizinkan diri kalian dipengaruhi oleh unsur di luar diri kalian. Oleh siapa pun, apa pun, dan suasana bagaimana pun. Artinya, jangan mau sedih, marah, kecewa dan takut karena ada faktor luar. Kalianlah yang berkuasa terhadap diri kalian sendiri, jangan serahkan kekuasaan kepada orang lain. Orang boleh menodong senapan, tapi kalian punya pilihan, untuk takut atau tetap tegar. Kalian punya pilihan di lapisan diri kalian paling dalam, dan itu tidak ada hubungannya dengan pengaruh luar.

… jangan biarkan diri kalian kesal dan marah, hanya merugi dan menghabiskan energi. Hadapi dengan lapang dada, dan belajar darinya. Bahkan kalian bisa tertawa, karena ini hanya gangguan sementara.

Baik film maupun bait-bait kalimat yang ada di novel berhasil bikin aku nangis se nangis-nangisnya :”<

Otakku refleks bernostalgia moment-moment yang pernah aku alami selama 19 tahun ini. Menyesal karena dimarahi Ayah akibat tidak bisa mempertahankan juara kelas, gembira karena lolos ujian masuk SMA unggulan di kota ku, kesal karena seseorang mengkhianatiku, sedih karena tidak bisa lolos ujian untuk menjadi seorang dokter, menjalani dengan ikhlas untuk mendalami jurusanku yang sekarang, bersabar dan belajar dengan berbagai temperamen di lingkungan baru, senang karena proker terlaksana dengan sukses, ditemukan dan menemukan seseorang yang …. ya begitulah :), dan sampai detik ini melow gara-gara nilai yang nggak-mungkin-hasilnya-segitu.

Bait-bait kalimat itulah yang membuatku lebih bisa menerima keadaan. Kalau filmnya sih emang karena ceritanya sedih. Hehehe.

Jadi ingat ada seorang pemandu LKMM TD pernah memberikan sebuah kata mutiara saat pelatihan: “If it doesn’t kill you, it makes you stronger.”

Dan ada pula Bill Gates yang bilang: “I failed in some subject in exam, but my friend passed in all. Now he is an engeneer in microsoft and I am the owner of microsoft.”

Persis seperti keadaanku sekarang ini. Jika memang nilaiku itu nggak bisa dilobby (karena para senior bilang, Pak H susah dilobby), setidaknya kata-kata dari pemandu LKMM TD dan Bill Gates sudah membuatku merasa lebih tenang dan kuat. (Mom & Dad, please be advised).

Ya, aku perempuan yang kuat :’) mundur selangkah maka aku akan maju dua langkah.

Leave a Reply

